Selamat datang di Official Blog TRANS7 Mamuju

Kamis, 14 September 2017

Migrasi Input/satelit Stasiun Trans7 Mamuju

Beberapa waktu lalu, tepatnya 25 Agustus 2017 sumber sinyal downlink trans7 stasiun mamuju mengalami gangguan. Sinyal input yang diterima oleh parabola melalui satelit mengalami blank (hilang). Sehingga pada TV pemirsa di Mamuju khususnya saluran UHF tidak dapat menyaksikan program acara yang semestinya berlangsung.

Gangguan penerimaan sinyal input dari jakarta tersebut terjadi beberapa jam, dan akibat dari hal ini untuk sementara pemirsa hanya dapat menyaksikan materi yang disuguhkan langsung dari stasiun mamuju berupa materi lokal.

Dari hasil temuan dan pengamatan dari pusat, gangguan disebabkan karena terjadi anomali/penyimpangan pada satelit Telkom 1 sebagai penyedia layanan transponder/Kanal Trans7. Kejadian ini juga berdampak pada seluruh stasiun TV maupun layanan lain seperti ATM bank yang memanfaatkan jasa satelit tersebut.

Untuk menangani hal ini kru Trans7 Mamuju beserta seluruh pihak terkait bahu membahu mengerahkan seluruh kemampuan dan waktu agar pemirsa dapat kembali menikmati siaran sebagaimana biasanya.

Dengan berkoordinasi dan atas instruksi Trans7 pusat, langkah awal yang dilakukan adalah menayangkan materi lokal, selanjutnya dengan mengupayakan penerimaan siaran melalui media lain tentu tetap mengoptimalkan kualitas dari sumber tersebut. Salah satunya  melakukan pengadaan dan pemasangan parabola hingga pengaturan arah ke satelit Palapa D yang digunakan sebagai saluran transmisi dari pusat ke daerah untuk sementara waktu.

Setelah melakukan upaya yang tersebut akhirnya selang beberapa jam berikutnya stasiun mamuju kembali merelay siaran dari pusat. Pemulihan total dilakukan pada 31 September 2017 menggunakan sumber/input sinyal dari satelit Telkom 3S.









0 komentar:

Posting Komentar